cara-memilih-nama-domain

Tips memilih nama domain untuk toko online

Memilih nama domain yang tepat untuk toko online anda

Kita tahu salah satu usaha rumahan yang paling menjanjikan pada tahun 2018 dan mungkin juga tahun 2019 nanti adalah usaha toko online (baca : Olshop). Disamping modal yang dibutuhkan yang relatif sedikit, toko online juga bisa anda jalankan tanpa harus keluar dari tempat kerja lama anda.

Anda tetap bisa menjalankan bisnis toko online anda walaupun anda masih berstatus sebagai karyawan, mahasiswa, pegawai negeri bahkan sebagai Ibu rumah tangga sekalipun.

Nah, jika anda sudah memutuskan untuk membuat toko online, maka anda akan dihadapkan pada persoalan bagaimana memilih nama domain yang tepat bagi produk yang ingin anda jual. Tidak itu saja, nama domain juga bisa anda gunakan untuk branding usaha anda ke depannya.

Karena nama domain sangat penting, maka menentukan atau memilih nama domain tidak bisa sembarangan. Ada beberapa ketentuan yang perlu perhatikan. Jika anda masih belum tahu apa saja yang perlu anda perhatikan, maka mungkin ada baiknya anda membaca tulisan dibawah ini.

Berikut ini adalah beberapa tips cara memilih nama domain yang tepat dan benar untuk toko online anda:

#1. Pertimbangkan Exact Match Domain (EMD)

EMD ini sangat populer digunakan pada beberapa tahun yang lalu, kalau tidak salah tahun 2011 google mengatakan bahwa EMD ini sangat besar pengaruhnya pada peringkat website kita di mesin pencari google.

EMD sendiri merupakan nama domain yang didalamnya terdapat 1 kata atau 2 kata dan seterusnya yang terkait dengan keyword yang kita target untuk mendapatkan peringkat pertama di google.

Misalnya, kalau kita ingin menjual pakaian muslimah, maka usahakan pada nama domain tersebut salah satu atau 2 kata dari keyword yang kita target tersebut. Seperti: www.pakaianmuslim.com dan seterusnya.

Saat ini EMD ini adalah salah satu topik yang pro dan kontra. Ada yang mengatakan tidak memiliki pengaruh lagi dan ada yang mengatakan masih ada memiliki pengaruh. Namun, hasil pantauan saya untuk beberapa keyword, ternyata masih memiliki pengaruh yang besar, walaupun ia tidak berdiri sendiri.

Baca juga : 4 Tipe Hosting yang harus ketahui Pemula

#2. Gunakan nama domain yang tidak terlalu panjang serta jelas.

Tips memilih nama domain untuk toko online yang berikutnya adalah nama domain anda jangan terlalu panjang dan mudah didengar ketika seseorang mengucapkannya.  Ketentuan yang kedua ini sebenarnya berpengaruh pada branding domain anda untuk jangka panjang.

Saya menyarankan maksimal 3 kata saja dengan kata yang tidak terlalu panjang. Misalnya: www.seorepublik.com atau www.kaffahacademy.com dan seterusnya.

Saya tidak menyarankan nama domain anda seperti:

www.kursusmenjahitpekanbarumurah.com atau www.grosirtanahabangmurah.com.  Nama domain ini sebenarnya memiliki dampak yang baik untuk SEO, namun tidak memenuhi syarat yang kedua ini.

#3. Hindari menggunakan tanda penghubung (-)

Ketentuan berikutnya adalah hindari menggunakan tanda penghubung seperti (-) pada domain anda. Sebenarnya tanda penghubung tidak memiliki dampak yang buruk untuk SEO toko online anda, hanya saja dari sisi estetika kurang enak untuk dipandang dan digunakan.

Namun, kalau terpaksa untuk menggunakan tanda penghubung tersebut, anda tetap bisa menggunakannya.

#4. Hindari menggunakan Merk terkenal untuk nama domain anda. Kecuali anda mendapatkan izin dari perusahaan mereka.

Jika anda tidak ingin menghadapi masalah dikemudian hari, saya menyarankan kepada anda untuk menghindari menggunakan nama merk-merk terkenal untuk nama domain anda. Contohnya: www.samsungmurah.com atau www.sonyasli.com dan lain sebagainya.

Anda bisa saja dituntut oleh perusahaan samsung atau sony jika anda memaksakan menggunakan merk mereka. Kecuali anda sudah mendapatkan izin dari mereka untuk menggunakannya.

#5. Ekstensi nama domain

Selain faktor diatas, yang perlu anda perhatikan ketika memilih nama domain untuk toko online anda adalah ekstensinya. Banyak internet marketer mengatakan bahwa ekstensi juga memiliki pengaruh pada SEO, walaupun persentasenya tidak terlalu besar.

Ekstensi yang paling populer dan paling banyak digunakan adalah ekstesi .com (dotcom), saya juga menyarankan anda untuk memprioritaskan .com terlebih dahalu sebelum ekstensi yang lainnya.

Bicara ekstensi nama domain, banyak sekali ekstensi yang bisa anda gunakan, seperti: .com, .net, .org, .info, .sch.id, co.id, .id dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips memilih nama domain untuk toko online anda. Jika anda masih bingung bagaimana mengecek dan mendaftarkannya, anda bisa menghubungi kami di form kontak atau melalui SMS. Atau jika anda belum bisa membuat toko online anda sendiri, kami bersedia membantu anda dengan harga yang relatif murah.

Oke. Terima kasih telah berkunjung dan membaca tulisan kami ini. Jika anda rasakan bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya kepada teman-teman anda di facebook dan twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *